Senin, 08 Oktober 2012

HASIL PERHITUNGAN CEPAT PILKADA BREBES


Pasangan calon H Agung Widyantoro SH MSi - H Athoillah SE MSi (Taat) unggul dalam perolehan sementara suara di Pilkada Brebes, Minggu (7/10), atas pesaingnya pasangan calon Hj Idza Priyanti SE - Narjo. Perolehan sementara itu hasil perhitungan real count yang dilakukan DPD Golkar Jateng hingga pukul 18.10.
Dari perhitungan real count itu pasangan Taat yang diusung Partai Golkar, PPP, PKB, PAN dan hanura memperoleh 363.867 suara atau 50,27 persen. Sedangkan pasangan Ijo yang diusung partai PDIP, PKS dan Gerindra memperoleh 359.889 suara atau 49,73 persen. Perolehan suara tersebut berasal dari 2.570 Tempat Pemungutan Suara (TPS), dari total TPS keseluruhan di Kabupaten Brebes sebanyak 3.047 TPS.

"Sesuai data perhitungan real count yang kami lakukan hingga jam saat ini (pukul 18.10-red), sementara ini Taat unggul dengan perolehan 50,27 persen. Sementara pasangan Ijo 49,73 persen," ujar Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD Golkar Jateng, saat jumpa pers, Minggu malam (7/10).

Dia menjelaskan, sistem perhitungan yang dilakukannya itu menggunakan metode real count. Artinya, perhitungan suara berdasarkan data semple semua TPS yang diperoleh dari data saksi berupa formulir C1.

Perhitungan real count metodenya hampir sama dengan quick count. Perbedaan terletak pada sample data. Jika real count semua data disempling sehingga margin error 1 persen. Sedangkan quick count semplenya 10 persen dengan margin error 2 persen.

"Jadi, secara ilmiah siapa pun tidak bisa mengklaim bisa menang dengan perhitungan itu. Langkah bijak adalah menunggu perhitungan manual dari KPU. Sebab, margin erro sebesar itu, sementara selisih perolehan suara hanya nol koma," terangnya.

Calon Bupati Brebes H Agung Widyantoro mengatakan, meski sesuai data real count pasanganya diketahui unggul, tetapi keputusan tetap berada di peritungan manual yang dilakukan KPU. Karena itu, pihaknya menghimbau kepada semua pendukung dan simpatisan Taat, untuk tidak berkovoi atau melakukan kegiatan lainnya sebagai ungkapan rasa kegembiraan.

Lebih baik, kegiatan itu diisi dengan berdoa bersama. "Kami memerintahkan semua tim pemenangan Taat  untuk mengamankan hasil perolehan suara di seluruh TPS," tandasnya.

Sumber: suaramerdeka.com


Baca Artikel lainya:

0 comments:

Posting Komentar