Tweet |
Usaha Mikro Kecil Menengah atau yang biasa disebut dengan UMKM di Kabupaten Batang
pada tahun 2016 diperkirakan mencapai 100ribu unit usaha. di Indonesia sendiri pada tahun 2016 diperkirakan mencapai 56 juta usaha.
Dari jutaan UKM yang telah merayapi dunia kerja di Indonesia, terdapat
107 juta manusia yang telah menggantungkan hidupnya pada UKM tersebut.
Melalui UKM ini masyarakat Indonesia dituntut untuk lebih kreatif.
Kreatif dalam menciptakan produk hingga memasarkan produk. Namun dari
jutaan UKM yang telah menyebar di seluruh daerah Indonesia, Bagaimana
cara Anda sebagai salah satu pemilik UKM dalam membangun strategi
pemasaran?
Apakah strategi pemasaran yang Anda terapkan sudah tepat dan
terbukti ampuh?
Dari jutaan UKM di Indonesia, hanya 10% saja yang
baru menerapkan strategi pemasaran online UKM. Strategi pemasaran online
dapat diartikan sebagai cara memasarkan sebuah produk atau jasa dimana
penjualannya melalui internet. Dari hasil survey menunjukkan, UKM yang
menerapkan strategi pemasaran online penghasilannya 80% persen lebih
tinggi dibanding dengan pelaku konvensional. Selain itu, terdapat
potensi 1,5 kali lebih besar untuk menyerap tenaga kerja.
Jadi kesimpulannya, Anda perlu menjalankan strategi pemasaran online UKM!
Terapkan strategi pemasaran online ini untuk UKM yang lebih berkembang dan dicari oleh pelanggan.
STRATEGI PEMASARAN ONLINE YANG EFEKTIF UNTUK UKM
- Wajib bagi Anda untuk memiliki toko virtual, baik milik sendiri atau melalui perantara. Untuk mendapat pengunjung yang menjadi calon konsumen Anda, terapkan strategi pemasaran online pada poin-poin selanjutnya.
- Gunakan Facebook sebagai media periklanan.
Anda
Anda bisa memanfaatkan Facebook sebagai media beriklan. Pengguna
Facebook telah mencapai 88 juta pengguna. Ini menjadi peluang besar bagi
Anda untuk mengiklankan usaha. Facebook bukan lagi menjadi sarana
curhat atau ajang pamer. Media sosial terpopuler ini menjadi tempat yang
tepat untuk beriklan. Selain itu, Facebook telah menyediakan banyak
tools yang dapat memermudah kinerja iklan. Di media sosial milik Mark
Zuckerberg ini terdapat Facebook Ads yang sering digunakan oleh para
pelaku UKM / bisnis online. Dan terbukti mereka berhasil sukses. Usaha
mereka semakin dikenal oleh banyak orang sebab dari iklan yang mereka
pasang di Facebook Ads. ingin tahu caranya? Anda bisa melihatnya di
Lakukan Tips Ini Untuk Meraih Pelanggan Bisnis Melalui Facebook.
- Blogging atau konten website.
Metode
Blogging atau konten website ini biasa digunakan sebagai tempat
berpromosi. Anda bisa membuat blog yang berisi penjelasan tentang produk
Anda. Blogging merupakan salah satu strategi dan tentunya mempunyi
dampak baik untuk pemasaran online Anda.
- Jalankan email marketing.
Untuk
strategi pemasaran online yang selanjutnya Anda bisa menjalankan email
marketing. Susun beberapa cara atau trik yang dapat memikat calon
konsumen. Strategi pemasaran online UKM menggunakan email marketing ini
masih mendapat banyak respon baik dari calon konsumen. Anda bisa
menerapkan metode pemasaran online ini untuk bisnis atau UKM.
- Gunakan situs penyedia iklan.
Untuk
metode pemasaran online UKM yang kelima, Anda bisa memasang iklan
melalui situs penyedia iklan seperti, Google adwords, Facebook Ads, SEO,
Instagram Ads, dan masih banyak lagi. Dengan mereka, pengiklanan UKM
akan semakin optimal. Mereka akan membantu traffic pengunjung menjadi
semakin tinggi.
> Google adwords
Google
adwords merupakan sebuah strategi pemasaran periklanan menggunakan mesin
pencarian google. Google adwords ini juga disebut sebagai Search Engine
Marketing (SEM).
> SEO
Search Engine
Optimization (SEO) yaitu proses untuk memengaruhi tingkat keterlihatan
suatu website di hasil pencarian dari sebuah pencarian. Jadi dengan
mneggunakan SEO maka situs web yang kita miliki berada pada posisi
teratas.
> Facebook ads
Facebook ads ini
salah satu fitur beriklan yang ditawarkan oleh facebook. Kita dapat
mengiklankan suatu fan page yang sebelumnya sudah dibuat dengan
jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan.
> Social media
Gunakan
social media sebagai media untuk berpromosi. Pengguna media sosial
diketahui dari tahun ke tahun semakin meningkat. Itu peluang besar bagi
kita untuk mengiklankan usaha di media sosial. Dengan begitu produk/
jasa yang kita tawarkan semakin dikenal oleh banyak orang.
Itulah
strategi pemasaran online yang efektif untuk UKM. Jika Anda salah satu
pelaku UKM, terapkan strategi diatas untuk menuju UKM yang maju dan
sukses.
0 comments:
Posting Komentar