Sabtu, 16 Oktober 2010

batik Kebudayaan asli indonesia


BATIK yang merupakan keseniaan asli indonesia yang telah ada sejak dulu memang sudah tidak asing lagi di telinga orang indonesia bahkan sampai ke luar negeri. oleh karena itu sudah sepantasnya kita sebagai warga negara yang baik wajib menjaga dan melestarikan keseniaan tersebut, agar nantinya tidak bisa direbut atau diklaim lagi oleh negara lain.
Kata Bathik berasal tiga suku kata dalam huruf jawa Ba – Tha – ka,”Tha” nya diberi pepet, dibaca ”Thi”,”Ka” nya dipangku yang dibaca ”K”.
Jadi penulisan kata Bathik yang benar adalah ”Bathik” Bukan ”batik” yang selama ini lebih populer, karena huruf jawa tidak mengenal huruf ”Ta” tetapi yang dikenal adalah ”Tha”.Bathik adalah suatu karya seni rupa yang ditorehkan pada kain Dan dimanfaatkan sebagai busana, hiasan dinding dan sebagainya. Yang dibuat dengan tehnik pewarnaan dengan menggunakan malam (lilin) sebagai penghalang warna serta menggunakan canting sebagai alat penoreh lilin. Definisi ini berlaku pada bathik tulis (serat) maupun bathik Cap.



Baca Artikel lainya:

0 comments:

Posting Komentar