Jumat, 18 November 2011

Nama Bagian-Bagian ATM dan Menenun Tanpa Benang Lusi



Maksud dan Tujuan
             Untuk mengetahui dan menunjukkan bagian-bagian daripada peralatan ATM, dapat menjelaskan fungsi peralatan ATM tersebut, serta dapat menjalankan ATM tanpa benang dengan benar.

Teori Dasar
Bagian-bagian pokok dari mesin Tenun, yaitu antara lain :
         Rangka Mesin
                   Rangka mesin merupakan badan utama dari pada bagian-bagian pokok yang lain, maka konstruksinya harus cukup kuat, mampu menerima gaya-gaya yang akan bekerja diatasnya dan dapat meredam getaran. Akan tetapi tidak boleh terlalu berat, untuk itu rangka ini umumnya dibuat dari pada besi tuang yang pipih, biasanya penampangnya berbentuk huruf I, dan pada seluruh permukaannya dibuat lobang-lobang. Lobang–lobang disamping untuk mengurangi berat dari pada rangka, juga untuk memungkinkan menempatkan bagian-bagian lain pelengkap mesin tenun keseluruhannya.
                   Tiap-tiap mesin tenun terdiri dari dua buah rangka samping kiri dan kanan, dimana kedua rangka tersebut dihubungkan dengan rangka penghubung masing-masing rangka penghubung depan bawah, belakang bawah, tengah atas dan depan atas, balok dada. Untuk memperkuat rangka-rangka tersebut dihubungkan dengan rangka penghubung tengah, kuda-kuda. Rangka penghubung tengah atas juga berfungsi untuk menggantungkan rangka-rangka gun.

         Poros Utama
                  Poros utama atau poros engkol, fungsi utamanya yaitu untuk menggerakkan lade maju dan mundur, dengan kata lain sebagai penggerak proses pengetekan dari pada terjadinya pertenunan ( penenunan ). Selain itu juga sebagai segala sumber dari gerakan-gerakan keseluruhan mesin tenun. Untuk itu, poros utama harus dibuat dari baja, poros khusus yang tahan terhadap momen-momen lengkung maupun puntiran. Untuk meneruskan poros utama pada bagian-bagian lain, maka dipasang roda-roda gigi dari beberapa eksentrik menurut kebutuhan, sedangkan hubungan antara poros utama dengan tenaga motor listrik pada salah satu ujung poros utamanya dipasang puli-puli penarik.
        
         Poros Pukulan
                  Fungsi utama dari poros pukulan/poros bawah adalah untuk memukul teropong di dalam laci sehingga teropong dapat meluncur dari laci kiri ke laci kanan dan sebaliknya. Untuk keperluan ini maka di kedua ujung dari poros harus dilengkapi dengan alat pemukul, alat pemukul untuk pukulan bawah berbentuk piringan dan rol, juga bisa berbentuk piringan dengan hidungnya untuk pukulan atas dan juga dapat berupa tangan-tangan dan tali-tali penarik untuk pukulan mendatar.
                  Perlu diketahui  setiap terjadi proses tenun harus ada satu pakan berarti satu kali peluncuran pakan berarti satu kali peluncuran teropong ( dari kiri ke kanan ), sehingga terjadi satu kali pengetekan lade. Setiap satu kali putarannya poros utama memungkinkan dua kali proses pukulan teropong. Jadi untuk membentuk satu kali peluncuran teropong ( dari kiri ke kanan ) poros utama berputar satu kali dan poros pemukul harus berputar setengahnya.
Mekanisme peluncuran teropong :
& sumber gerakan berasal dari motor, pulli motor memutarkan pulli pada poros utama.
& Poros utama berputar dan roda gigi  pada poros utama memutarkan roda gigi poros
        pukulan.
& Pada kedua ujung poros pukulan terdapar piringan pemukul
& Pada setiap piringan pemukul memiliki satu rol pemukul.
& Rol pemukul berputar oleh putaran poros pemukul dan memukul batang pemukul.
& Batang pemukul memiliki satu poros pada ujungnya dan hidung pemukul meneruskan
       pukulan kepada sepatu pemukul, yang kemudian diteruskan ke kayu / lengan pemukul dan  
       ke picker.
& Picker memukul teropong ke sisi lain lade dan pemukul disisi lain ATM bekerja seperti
       diatas, sehingga teropong terpukul bolak – balik.

 

Lade dan Bagian-Bagiannya
                  Fungsi utama sebagai tempat penyimpan dan meluncurnya teropong, untuk merapatkan benang pakan setiap proses pertenunan (pengetekan).
Adapun bagian-bagian dari lade dan fungsinya antara lain :
         Laci
                   Fungsinya sebagai tempat penyimpan teropong, untuk proses peluncuran ; untuk itu konstruksi laci dibuat dari kayu sedemikian rupa dan ditempatkan pada kedua ujung lade kiri dan kanan.
         Datar luncur ( laybon )
                   Fungsinya sebagai dataran jalannya teropong meluncur, untuk itu datar luncur dibuat dari kayu yang cukup rata dan halus.
         Kaki lade
                   Semua dari bagian tersebut diatas dipasang pada sepasang kaki yang menumpang pada poros lade yang terpasang pada lubang bantalan poros lade. Sedang untuk memperoleh gerakan ( maju mundur ), lade dihubungkan dengan poros utama dengan menggunakan tangan-tangan engkol.
          Gun dengan bagian-bagian pembentuk mulut lusi
                  Fungsi gun adalah untuk mengatur benang-benang lusi helai per helai sesuai dengan jumlah lusi dan rencana tenunnya.      
          Rol penggulung lusi dan rol penggulung kain
                  Fungsi rol penggulung lusi adalah untuk menggulung lusi, dibuat dari kayu atau logam. Sedangkan rol penggulung kain fungsinya untuk menggulung kain hasil tenunan.

Mekanisme pengetekan
                  Pergerakkan maju mundur lade berasal dari putaran poros utama yang diteruskan melaui engkol pada poros lade bagian atas. Untuk menahan lade agar tidak ikut berputar maka lade memiliki sebuah poros tambahan dibagian bawah yang menahan lade sehingga lade bergerak maju mundur dan didorong oleh engkol pada poros utama
        


         1. Gun Dengan Bagian-Bagian Pembentuk Mulut Lusi
                  Fungsi gun adalah untuk mengatur benang-benang lusi helai per helai sesuai dengan jumlah lusi dan rencan tenunnya. Gun dibuat dari kawat atau plat tipis, ditengah-tengah dibuat lubang untuk benang-benang lusi dicucuk.
                  Rangka gun dapat dibuat dari kayu atau logam ringan ( alumunium ) yang tipis tetapi cukup kuat. Pada pembentukan mulut yang sederhana, rangka gun bagian atas dihubungkan dengan rol-rol kerekan sedang bagian bawah dihubungkan dengan injakan dan eksentriknya.
        
         2. Rol Penggulung Lusi dan Penggulung Kain
Rol penggulung lusi fungsinya untuk menggulung lusi, dibuat dari kayu atau logam ( pipa ). Alat-alat ini disebut boom-lusi. Syarat-syarat dari boom lusi harus cukup bulat dan lurus. Rol penggulung kain fungsinya untuk menggulung kain hasil tenunan.









Baca Artikel lainya:

0 comments:

Posting Komentar